Selasa, 13 Desember 2011

PENEMU INTERNET

Pernahkah kalian membayangkan jika dulu, internet tidak pernah ditemukan? Wah, pastinya saat ini kalian tidak sedang berada di depan layar komputer membaca artikel ini. Jadi, siapakah orang yang telah berjasa sehingga saat ini kita dapat mempergunakan internet untuk berbagai macam kegunaan? Yuk kita cari tahu..


Penemu internet adalah seorang insinyur dan ilmuwan Amerika Serikat yang bernama Leonard Kleinrock. Penemu yang juga dijuluki sebagai Bapak Internet ini telah membuat kontribusi penting dibeberapa bidang jaringan komputer. Karyanya yang paling terkenal adalah teori pertukaran paket dalam kaitannya dengan paket teknologi, pada tahun 1959 dan tahun 1961 yang merupakan cikal bakal lahirnya teknologi internet.
Kleinrock lahir pada tanggal 13 Juni 1934 di Kota New York. Sejak kecil Kleinrock sudah mulai menyukai engineering (teknik) melalui komik yang dibacanya. Pada umur enam tahun Kleinrock sudah bisa membuat radio kristal (crystal radio) menggunakan alat-alat sederhana yang ada di sekitar rumahnya. Pada tahun 1951 Ia lulus dari Bronx High School of Science dan menerima gelar Sarjana Teknik Elektro dan Ilmu Komputer pada tahun 1957 dari City College of New York.
Kleinrock mendapatkan gelar master dan doktor (Ph.D.) dibidang Teknik Elektro dan Ilmu Komputer dari Institut Teknologi Massachusetts di tahun 1959 dan 1963. Setelah menyelesaikan pendidikannya, Kleinrock kemudian bekerja sebagai profesor Ilmu Komputer di Universitas California, Los Angeles (UCLA).
Pada tanggal 29 Oktober 1969, Kleinrock memimpin sebuah tim yang berhasil menciptakan salah satu penemuan terbesar menjelang abad modern yaitu Internet. Bersama timnya, Kleinrock melakukan penelitian untuk membuat satu komputer yang dapat berkomunikasi dengan komputer lainnya. Kleinrock yakin bahwa komputer dirancang untuk dapat berbicara satu sama lain sehingga menghasilkan jaringan yang sederhana, seperti penggunaan pesawat telepon.
Bagaimana cara komputer-komputer tersebut berkomunikasi? Kuncinya adalah dengan cara memecahkan kode digital dan menjadikannya sebagai paket-paket terpisah. Kemudian hasil penelitiannya tersebut diterbitkan dalam sebuah buku. Tetapi pada saat itu tidak ada yang peduli dengan hasil temuannya tersebut.
Kleinrock akhirnya melakukan presentasi kepada AT&T, yang merupakan perusahaan penyedia jasa sambungan telepon lokal dan interlokal terbesar di AS. Pihak AT&T menolaknya karena mereka pikir penelitian Kleinrock adalah hal yang tidak mungkin terwujud. Namun AT&T menyediakan sebuah jalur yang menghubungkan komputer untuk ARPANET, sebuah proyek yang didukung oleh militer AS. Pada awalnya percobaan untuk menghubungkan ARPANET ini gagal. Lalu Tim Kleinrock mencoba mengirimkan data antara komputer di ARPANET dan akhirnya berhasil.
Pesan pertama ARPANET dikirim oleh Universitas California, Los Angeles (UCLA), melalui mahasiswa programmer bernama Charley Kline yang dibimbing oleh Kleinrock, pada tanggal 29 Oktober 1969. Dua huruf yaitu LO diketik pada keyboard di UCLA, dan muncul pada layar di Stanford Research Institute, 314 mil jauhnya. Para ilmuwan komputer bermaksud untuk instruksi LOGIN, tetapi sambungan ini hilang tepat sebelum G. Hal inilah yang kemudian menjadi jejak awal dari internet yang saat ini telah semakin berkembang.
Kleinrock tidak pernah membayangkan Facebook, Twitter, YouTube ataupun aplikasi lainnya saat ini menjadi begitu terkenal berkat adanya internet. Atas jasanya tersebut, Kleinrock menerima banyak penghargaan bergengsi seperti penghargaan National of Science dari Presiden George W. Bush di Gedung Putih pada tanggal 29 September 2008. Kemudian ia juga mendapatkan penghargaan The 2007 National Medal of Science  atas kontribusinya yang penting kepada teori matematika jaringan data modern, dan juga untuk dasar-dasar teknologi internet.

Foto: www.lk.cs.ucla.edu

Dari beberapa sumber