Minggu, 31 Januari 2010

SISTEM OPERASI-1

Sistem Operasi (SO)

Pengertian sistem operasi secara umum ialah pengelola seluruh sumber-daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system calls) yang sering disebut “tools atau utility” berupa aplikasi kepemakai sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan ketika memanfaatan sumber-daya sistem komputer tersebut. 
Jenis Sistem Operasi (SO) 
Sistem operasi dapat dibedakan berdasarkan jumlah pengguna dan program yang dapat dijalankan, juga berdasarkan jenis software, atau jenis hardware yang digunakan.
Berdasarkan jumlah pengguna dan program yang dijalankan, sistem operasi dapat dikategorikan dengan:
1. Single User – Single Tasking : 
Satu komputer hanya bisa digunakan oleh satu user dan hanya bisa menjalankan satu program di satu waktu, contohnya: DOS (Disk Operating System).
2.    Multi User – Single Tasking : 
Satu komputer dapat digunakan oleh banyak user namun tiap user hanya bisa menjalankan 1 program (aplikasi) di satu waktu, contohnya: Novell Netware yang menjalankan SO Network berbasis DR-DOS.
3.    Single User – Multi Tasking : 
Satu komputer dipakai oleh satu user dan dapat menjalankan banyak program disatu waktu, contohnya: Windows, MacOS, BeOS, JDS, dll. 
4.    Multi User – Multi Tasking :
Satu komputer dipakai bersamaan oleh banyak user yang dapat menjalankan banyak program di satu waktu, contohnya: Unix, Linux, FreeBSD (SO turunan Unix) atau Windows dengan aplikasi Citrix Metaframe, dll.

Berdasarkan hardware komputer yang digunakan, sistem operasi dapat dibedakan untuk:            1. Komputer PC (destop/ Lapotop) 
2.    Komputer Server 
 
Berdasarkan jenis software, sistem operasi dibedakan berdasarkan:
 
Perangkat Lunak Bebas (Free Software)Perangkat Lunak Open Source, Perangkat Lunak Public Domain, Perangkat Lunak Copylefted, Perangkat Lunak Bebas Non-Copylefted,   Perangkat Lunak GPL-covered, Perangkat Lunak GNU, Perangkat Lunak Semi Bebas, Perangkat Lunak Berpemilik, Freeware, Shereware, Perangkat Lunak Komersial