Minggu, 31 Januari 2010

SISTEM OPERASI-2

Komponen Utama Sistem Operasi
1. Kernel
 

Dalam sebuah perangkat komputer, kernel merupakan komponen inti dari Sistem Operasi yang berjalan dalam perangkat tersebut. Kernel bertugas untuk mengatur pembagian sumber daya sistem; komunikasi antara komponen hardware dan software. Kernel menghubungkan antara software aplikasi dan hardware komputer. Ia menyediakan abstraction layer pada level terendah untuk resource-resource seperti memori, prosesor dan perangkat I/O di mana suatu software aplikasi harus mengontrol resource-resource tersebut agar dapat berfungsi. Kernel mampu menyediakan fasilitas seperti ini bagi proses-proses aplikasi melalui mekanisme IPC (Inter Process Communication) dan System call.
2. File (system berkas dan File System)

Sistem operasi modern harus mampu mengimplementasikan berbagai sistem berkas dengan tipe yang berbeda dalam waktu yang bersamaan. Salah satu teknik yang digunakan sebagai solusinya adalah dengan menggunakan virtual file system (VFS). VFS saat ini banyak digunakan oleh berbagai sistem operasi. Ide dari VFS adalah meletakkan informasi di kernel untuk merepresentasikan keseluruhan tipe sistem berkas, dan juga terdapat sebuah fungsi untuk setiap operasi yang dimiliki sistem berkas. Sehingga, untuk setiap system call seperti fungsi read(), write(), open(), dan lainnya, kernel akan mensubstitusikannya menjadi actual function yang dimiliki oleh setiap sitem berkas dengan berbagai tipe.    
3. Shell (User Interface)
  • Command Line Interface (Mode Teks)
DOS menempati posisi sebagai operating system yang menggunakan CUI (Character User Interface) / CLI  , contohnya :
  • command.com atau Command Prompt.
  • WordStar digolongkan sebagai salah satu contoh terbaik dalam hal desain antar muka sebuah software pada DOS karena dirancang untuk menampilkan mode karakter dengan tipe font tunggal, fokus utamanya adalah pengetikan teks, tanpa desain format tampilan WYSIWYG langsung pada layar monitor. Karena penerapan layout menjadi fungsi tambahan yang hanya dilakukan setelah dokumen selesai ditulis, diedit dan diperiksa, penulis tidak dipusingkan oleh banyak kemungkinan perubahan layout dan konfigurasi dokumen yang banyak ditemui pada pengolah kata modern. WordStar memiliki beberapa kelemahan, seperti tidak mampu untuk memformat ulang justifikasi baris saat teks diketikkan atau dihapus. Karenanya paragraf harus diformat ulang oleh sebuah perintah setelah proses perubahan selesai. Namun sebuah perintah juga tersedia untuk memformat ulang seluruh dokumen setelah proses editing dan perubahan yang dilakukan selesai dibuat.
  • Graphical User Interface (Mode Grafis)
  • User interface Macintosh adalah identik dengan graphical user interface (GUI) yang banyak ditiru pihak lain, contohya : Aqua. Aqua adalah tampilan grafis teknologi tinggi yang sangat halus, cair, dan benar-benar bisa mempesona mata semua orang yang melihatnya. Tidak pernah ada satu pun tampilan grafis yang kualitasnya mendekati Aqua. Dari sisi penampilan, Aqua akan makin menyempurnakan koherensi antara tampilan mesin-mesin baru Apple (iMac, iBook, PowerMac G3/G4, dan PowerBook) dan sistem operasi yang berjalan di atasnya. Para pecinta iMac akan mendapatkan sebuah koordinasi warna yang sempurna melalui Aqua. Tak satu pun perusahaan komputer yang bisa melakukan ini selain Apple Computer.
    Tapi jika hanya GUI, pengalaman memakai Macintosh sama sekali belum lengkap. Karena user interface tidak membatasi hanya pada GUI, melainkan juga menyangkut kemampuan konektivitas mesin-mesin Apple dengan segala jenis perangkat (baik internal maupun eksternal). Salah satu contoh yang sangat mudah: soal konektivitas mesin Macintosh dengan perangkat keras (hard disk, CD-ROM drive atau Scanner) eksternal misalnya. Di lingkungan Macintosh, sejak lama Apple telah menggunakan antarmuka SCSI (small computer system interface) untuk mengatur komunikasi antara mesin komputer dengan perangkat eksternal seperti hard disk dan CD-ROM drive.