Kamis, 24 Desember 2009

PERLUNYA BASIS DATA (DBMS)

Alasan Perlunya Basis Data (Database)

  1. Basis data merupakan salah satu komponen penting dalam system informasi, karena merupakan dasar dalam menyediakan informasi.
  2. Basis data menentukan kualitas informasi yaitu informasi harus akurat, tepat pada waktunya dan relevan, informasi dapat dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkannya.
  3. Dengan adanya basis data dapat mengurangi duplikasi data (data redundancy). Penyimpanan data yang sama pada beberapa tempat selain bias menyulitkan pemakai tentang aktualitas data juga memboroskan tempat peyimpanan, maka basis data akan mendeteksi dan menghindari jika terjadi kerangkapan data.
  4. Menghindari terjadinya inkosistensi data, akibat lain jika trjadi kerangkapan data, maka jika terjadi perubahan pada data yang satu sedangkn yang lain tidak dirubah akan terjadi tidak konsistennya data. Untuk itu database akan menyesuaikan terhadap data yang sama jika terjadi perubahan, jadi semua data akan selalu di perbaharui (ter-update).
  5. Mengatasi kesulitan dalam mengakss data, memudahkan jika suatu saat akan diambil atau dicetak data yang memiliki kriteria tertentu, misalnya pada tanggal tertentu, alamat tertentu, jumlah tertentu dan sebagainya.
  6. Menyusun format tandar dari sebuah data, data yang sama pada file yang berbeda hrus memiliki format data berupa type dan jangkauannya harus sama, ketidaksamaan format data akan mengakibatkan sulit atau tidak biasanya pengaksesan data yang lain.
  7. Penggunaan oleh banyak user, sebuah database bisa dimanfaatkan sekaligus secara bersama oleh banyak pengguna (multiuser).
  8. Mlakukan perlindungan dan pengamanan data (Data security). Setiap data hanya bisa diakses atau dimanipulasi oleh pihak yag diberi otoritas dengan memberikan login dan password  terhadap masing-masing data.
  9. Menyusun Integritas dan Independensi data, basis data merupakan data komplek yang bisa diintegrasikan, sehingga memanipulasi untuk mendapatkan berbagai bentuk lembar kerja dan laporan yang diinginkan. Namun demukian masing-masing data tidak saling tergantung terhadap data yang lain. Data-data dalam basis data bisa saling berdiri sendiri.
  10. Sistem manajemen basis data (Database Manajemen System-DBMS) berisi kumpulan data yang saling berelasi dengan set program untuk mengakses tersebut yang terdiri dari set program untuk menambah data, menghapus data, mengubah data mengambil dan membaca data, set program pengelola merupakan suatu paket program yang dibuat agar memudahkan dan mengefisienkan pemasukan dan perekaman informasi dan pengambilan atau pembacaan informasi.
  11. Diantara manfaat lain DBMS adalah untuk mengorganisasikan dan mengelola data dalam jumlah yang besar dan untuk membantu dan melindungi data dari kerusakan yang disebabkan penggunaan dan pengaksesan yang tidak sah.
  12. DBMS juga dapat digunakan untk memudhkan dalam pengambilan data kembali atau (data retrieval)
  13. Berfungsi juga untuk memudahkan dalam penggunaan atau pengaksesan data secara bersamaan dalam suatu jaringan.
  14. diantara keunggulan penggunaan DBMS antara lain, praktis karena dengan menggunakan media penyimpanan yang berukuran kecil namun padat informasi.
  15. Dengan mengaplikasikan basis data hubungan data dapat ditingkatkan
  16. Pemanfaatan basis data dilakukan untuk memenuhi sejumlah tujuan objektif antara lain, kecepatan dan kemudahan, efisiensi ruang penyimpanan, keakuratan data, ketersediaan data, kelengkapan data, keamanan data dan kebersamaan pemakaian.