Kamis, 24 Desember 2009

DEFINISI BASIS DATA

Basis Data atau Database

Kumpulan dari item data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya yang diorganisasikan berdasarkan sebuah skema atau struktur tertentu, tersimpan di hardware komputer dan dengan software untuk melakukan manipulasi untuk kegunaan tertentu Ada juga yang mendefinisikan basis data adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. 
Basis data (database) juga bisa diartikan merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan di perangkat keras computer dan digunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya. Basis data merupakan salah satu komponen yang penting dalam sistem informasi, karena merupakan basis dalam menyediakan informasi bagi para pemakai. Sistem basis data (database system) adalah suatu sistem informasi yang mengintegrasikan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya dan membuatnya tersedia untuk beberapa aplikasi yang bermacam-macam di dalam suatu organisasi. Sistem basis data merupakan perpaduan antara basis data dan sistem manajemen basis data. Database yang kompleks dan disertai dengan teknik pendokumentasian dan prosedur manipulasinya akan membentuk Sistem Manajemen Basis Data (DataBase Management System – DBMS)
ELEMEN BASIS DATA
Terdapat 3 element basis data yaitu :
  • User
  • Isi Data
  • Tempat Penyimpanan
Software yang digunakan untuk mengatur (manage) data adalah DBMS (Data Base Management System) contoh DBMS : Excel, Access, Foxbase, Foxpro, Oracle, Infomix, Sybase, dll
Organisasi File Database
Jenis Organisasi Data yaitu :
1. Hirarki (berjenjang)
2. Network (Jaringan)
3. Relasional (Hubungan)
Organisasi Hirarki

1. Organisasi Hirarki/Berjenjang atau disebut juga struktur data pohon (tree). suatu pohon dibentuk dari beberapa elemen group data yang berjenjang disebut dengan Node. node yang paling atas disebut root (Level-1) . tiap node dapat bercabang ke node-node yang lain, dengan ketentuan stiap pohon hanya memiliki satu root saja dan tiap-tiap node kecuali root hanya dapat memiliki sebuah orang tua (parent) saja tetapi tiap-tiap node  dapat memiliki beberapa anak (child).



Organisasi Network
Pada organisasi pohon tiap node tidak bisa memiliki lebih dari satu orang tua, maka pada struktur data jaringan tiap-tiap node dapat memiliki lebih dari satu orang tua.





Organisasi Relasional
Hubungan didasarkan pada field kunci (yaitu field yang unik/tidak ada duanya), contoh file Mahasiswa dan File Nilai dihubungkan melalui field kunci NIM (Nomor Induk Mahasiswa)
Relasi Data
1. One to One  atau 1:1 atau satu data memiliki satu data pasangan yang tidak mungkin dimiliki oleh data lain
Contoh : Data ID = 2234 Nama = Andi
              Jadi ID 2234 hanya dipunyai oleh Andi, dan andi hanya memiliki ID terdaftar 2234

2. One to Many atau 1: M atau satu data memiliki beberapa data pasangan
Contoh : Alamat = Surabaya 23, Nama (1) = Sony, Nama(2) = Ana
              Jadi yang tinggal di Surabaya 23 adalah Sony dan Ana
              Tapi jika Nama Sony maka alamat Surabaya 23

3. Many to Many atau M : M atau beberapa data dapat memiliki beberapa pasangan

Contoh : Nama(1) = Sony, Nama(2) = Ana
              Telp(1) = 123987, Telp(2) = 987123
              Jika Telp(1) maka ada dua Nama yaitu Sony dan Ana dan 
              Jika Nama = Sony maka ada dua Telp yaitu = 123987 dan 987123 


Study Kasus Sample ER-Diagram